Business Plan


Business Plan

Assalamu’alaikum J
Nama : Cindy widya Astuti
Nim : 20180101334
Kewirausahaan kj08
Halo temen-temen, ketemu lagi kita dalam tugas yg hampir sama dengan pembahasan sebelumnya yaitu bisnis. Tapi kali ini saya akan membahas tentang Business plan atau Rencana Usaha loh. Saya akan membahas tentang pengertian, manfaat, prinsip dan komponen dalam Business Plan . yuk yang pertama kita akan membahas Pengertian Business Plan J.
Business Plan ialah suatu strategi tertulis yang memuat kecil dan tujuan bisnis, cara kerja dan detail keuangan struktur para pemilik dan manajemen dan bagaimana cara memperoleh tujuan bisnisnya. Metode dalam  Business Plan : mengenal bisnis yang akan dilaksanakan, menentukan visi, menentukan audiens. membuat strategi bisnis, membuat business plan secara kompeten. Kemudian setelah membahas pengertian, saya akan menjelaskan manfaat dan prinsip  Business Plan.
Manfaat Business Plan
  • Untuk memulai sebuah bisnis ataupun usaha
  • Untuk mengetahui sumber dana
  • Membuat bisnis lebih pokok dan terencana
  • Memprakiraan masa depan
  • Untuk memajukan tingkatan bisnis
Prinsip Business Plan
1.     Pengertian rencana usaha
2.     Tujuan penyusunan usaha
3.     Kegunaan rencana usaha
4.     Yang menggagalkan rencana usaha
Kemudian yang terakhir yaitu komponen dalam membuat Business Plan
Ada tujuh komponen dalam menyusun Rencana Usaha  (Business Plan), semua bagian tersebut penting, saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai bisnis. Wartawirausaha kali ini akan membahas secara singkat tentang bagaimana membut rencana bisnis yang sederhana, tentu konsep ini dapat anda kembangkan sesuai kebutuhan agar dapat menemukan konsep yang paling cocok dan fleksibel. Berikut komponen-komponen dalam menyusun sebuah Rencana Usaha (Business Plan).
1.     Ulasan Deskripsi Bisnis
2.     Strategi Pemasaran
3.     Analisa Pesaing
4.     Rencana Desain Dan Pengembangan
5.     Rencana Operasional Dan Manajemen
6.     Pembiayaan
7.     Kesimpulan Usaha

Nah sudah selesai saya menjelaskan tentang Businees Plan, smoga bermanfaat dan sampai jumpa di pertemuan selanjurtnya ya teman-teman..
Wassalamu’alaikum J

Komentar