Aspek Pemasaran Dalam Berwirausahaan
Aspek Pemasaran Dalam Berwirausahaan
1.Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar adalah pembagian segmen suatu pasar berdasarkan
pembeli. Pada umumnya, demografi, tingkat penghasilan, psikografis, dan kelas
sosial menjadi dasar dalam melakukan segmentasi. Dengan melakukan segmentasi
pasar, seseorang dapat meraih laba maksimum dan strategi pemasaran akan
berjalan dengan lancar
2.Analisa Pasar dan Peramalan Permintaan
Analisa pasar merupakan hal yang cukup penting. Analisa ini akan
membuat aktivitas pemasaran semakin tepat sasaran. Selain itu, Anda juga dapat
lebih memahami seperti apa situasi, jenis produk, keadaan, dan bentuk promosi
yang akan Anda berikan kepada konsumen
3.Analisa Pesaing
Analisa pesaing adalah salah satu hal yang cukup signifikan.
Analisa ini menjadi penentu posisi produk kita dalam suatu pasar. Pesaing
adalah perusahaan yang memproduksi atau memasarkan barang yang serupa atau tak
jauh berbeda dengan produk kita. Kenali pesaing potensial dan pesaing umum
Anda. Bu
atlah strategi pemasaran berdasarkan kekuatan serta kelemahan
mereka. Dengan melakukan hal ini, Anda juga bisa melakukan identifikasi
terhadap peluang, dan ancaman terhadap bisnis Anda.
4. Promosi
Promosi juga merupakan aspek marketing yang penting. Promosi
adalah upaya dari penjual untuk menawarkan suatu produk kepada pembeli agar
melakukan pembelian. Dalam melakukan promosi, Anda dapat memberikan informasi
secara lengkap mengenai produk, serta menggunakan kata-kata dan aksi persuasif.
Anda dapat melakukan iklan, personal selling atau pun cara-cara promosi lain.
Komentar
Posting Komentar