artikel tutorial Manajemen Keuangan


Tugas Online Pertemuan 8
Kewirausahaan (KJ08)
Artikel tutorial dengan tema “ Manajemen Keuangan”
Disusun Oleh : Cindy Widya Astuti (20810101334)

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh J
Bagaimana kabarnya teman-temanku sekalian? Semoga dalam keadaan sehat semua ya..
Sudah hampir 2 minggu tidak mengerjakan tugas lagi dikarenakan Ujian Tengah Semester. Nah akhirnya sekarang buat artikel tutorial. Aku bakal ngajarin apasih itu manajemen keuangan dan gimana sih cara manaj anggaran atau dana agar perusahaan dapat tetap berjalan dan tidak mengalami kerugian.
Nah yang pertama aku akan menjelaskan apa itu manajemen keuangan. Manajemen keuangan Manajemen keuangan merupakan kegiatan merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengawasi aktivitas finansial contohnya pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan. Manajemen keuangan pun harus menerapkan prinsip manajemen umum pada sumber daya keuangan perusahaan.
Tujuan manajemen keuangan ada 6 loh gais, ni ya aku sebutin
Þ    Memaksimalkan keuntungan berdasarkan keputusan yang tepat.
Þ    Menjaga arus kas supaya sesuai  untuk membayar semua kewajiban dan beban perusahaan.
Þ    Mempersiapkan struktur modal yang bisa didapat dari internal ataupun eksternal.
Þ    Pemanfaatan uang yang tepat dan optimal supaya efisiensi terus terjaga.
Þ    Memaksimalkan kekayaan supaya dividen kepada pemegang saham serta laba ditahan bisa terus optimal.
Þ    Efisiensi supaya distribusi keuangan tepat dalam segal hal di dalam perusahaan.
Jadi yang mau kerjadi manajemen keuangan perusahaan, harus bisa mengelola segala aset agar tercapai segala tujuan perusahaan.

Sekarang aku mau jelasin tentang pilihan sumber dana, ada beberapa macam antara lain :
Þ    Investasi dana
Manajer keuangan juga mesti bisa memutuskan alokasi dana usaha supaya bisa menguntungkan sampai investasi dan pengembalian reguler aman.
Þ    Pembuangan surplus
Manajer keuangan harus mengatur laba bersih yang dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu deklasasi deviden dan laba ditahan.

Þ    Pengelolaan uang tunai
Pengelolaan uang tunai atau kas untuk pembagian uang gaji, tagihan listrik, kreditor, kewajiban lancar, pemeliharaan stok, pembelian bahan baku
Þ    Kontrol keuangan
Nah kontrol keuangan ini bisa dibilang pengawasan yang dilakukan dengan banyak teknik, contohnya analisis rasio, peramalan keuangan dan pengendalian biaya.

Selanjutnya aku mau jelasin tentang penggunaan dana nih gais, antara lain :
1.        Bertambahnya aktiva lancar
Kas akan berkurang bila ada tambahan aktiva lancar misalnya nih yaa persediaan bertambah berarti perlu uang untuk membeli persediaan, sehingga kas kurang. Dengan piutang bertambah perlu kas untuk menambah investasi pada piutang.
2.      Bertambahnya aktiva lancar
Bila ada tambahan aktiva tetap berarti ada pembelian aktiva tetap. Pembelian aktiva tetap memerlukan kas, maka uang kas akan berkurang akibatt penambahan aktiva tetap tersebut.
3.      Berkurangnya semua hutag
Apabila hutang baik jangka pendek maupun jangka panjang berarti ada sebagian hutang yang dibayar. Untuk membayar hutang diperlukan uang kas, sehingga kas menjadi berkurang.
4.      Berkurangnya modal
Apabila modal berkurang berarti pemilik mengambil dana dari perusahaan sehingga kas menjadi berkurang.
5.      Rugi operasi
Apabila perusahaan memperoleh laba akan menambah kas, tetapi bila perusahaan rugi maka kerugian tersebut harus ditutup dengan kas, sehingga memperkecil kas.
6.      Pembayaran deviden
Deviden yang dibayarkan kepada pemilik membutuhkan uang tunai, sehingga pembayaran deviden tersebut akan memperkecil kas.

Jadi ide dasarnya sebenernya tu yah sederhana banget loh gais.kalo terjadi kenaikan aktiva sama dengan penggunaan dana karena kita harus mencari dana untuk membiayai aktiva tersebut. Jika terjadi aktiva menurun itu sama dengan sumber dana, misalkan nih ya kita menjual mesin nah hasil penjualan mesin merupakan dana masuk.

Materi selanjutnya adalah aliran dana gais, aliran dana merupakan Aliran Dana merupakan aliran kas masuk dan aliran kas keluar, yang bisa langsung pengaruh-in besar-nya kas yang diasalkan dari laba-rugi dan (jua) neraca.

 Nah gaes sekian penjelasan dari aku apa itu manajemen keuangan, sumber dana, pengunaan dana dan aliran dana. Semoga bermanfaat ya gais.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaraktuh J

Komentar