perlunya manajemen organisasi dalam berwirausaha


PENTINGNYA PERAN ORGANISASI DALAM PERUSAHAAN
Pengertian Organisasi

Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)

Pengertian Organisasi menurut para ahli :
1.        Organisasi menurut Stoner
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang dibawah pengarahan manajer dan tujuan bersama.
2.      Organisasi Menurut James D.Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
3.      Organisasi Menurut Chester Bernard
Suatu system kegiatan kerjasama dari dua orang atau lebih dengan sesuatu yang tidak terwujud dan tidak tidak bersifat perseorangan.

Hubungan Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja

·         Manajemen
Menjelaskanperlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
·         Tata Kerja
Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
·         Organisasi
Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang)sehingga merupakan kesatuan yang teratur.
·         Hubungan Manajemen, Organisasi dan Tata Kerja
Manajemen merupakan proses kerjasama agar tujuan tercapai. Organisasi adalah alat untuk pencapaian tujuan dan pengelompok dan tata cara  mengatur bagaimana kerjasama itu dilakukan agar tujuan tercapai secara efisien.

Peran Organisasi di dalam perusahaan berdasarkan struktur organisasi

Ø  Menciptakan bayangan kesuksesanuntuk bisnis kita, dengan memiliki struktur organisasi kita telah berimajinasi seperti apa bisnis kita dimasa mendatang.
Ø  memudahkan pengembangan Sumber Daya Manusia, dengan struktur organisasi kita mampu melihat bagian-bagian perusahaan mana saja yang nantinya membutuhkan SDM, Struktur Organisasi juga bisa menjadi alat pada saat kita melakukan perekrutan atau penambahan karyawan nantinya. Dengan adanya Struktur Organisasi kita kaan berusaha untuk mendapatkan SDM yang berkualitas pada posisi-posisi yang saat ini masih kosong atau rangkap jabatan. Bagi karyawan Struktur Organisasi ini juga akan menjadi motivasi tersendiri untuk naik jabatan pada posisi diatasnya, tanpa struktur Organisasi karyawam tidak/belum mengetahui apakah ada jabatan diatas posisinya saat ini.
Ø   Fungsi delegasi dengan struktur organisasi kita bisa denganmudah memisah fungsi delegasi antar setiap bagian pekerjaan, sekalipun rangkap jabatan masih ada atau tidaknya akan diketahui pada posisi mana kita sedang bekerja. Hal ini akan sangat terasa ketika kita telah memiliki karyawan, kadangkala kita melimpahkan pekerjaan pada karyawan tetapi hal itu tidak sesuai dengan lingkup pekerjaannya, sehingga hasil pekerjaan tersebut menjadi tidak maksimal, jika sejka awal kita telah menempatkan karyawan tadi pada suatu posisi tertentu dalam struktur organisasi maka kita bisa melihat apakah pekerjaan yang didelegasikan sudah sesuai dengan posisi dan lingkup pekerjaan karyawan tersebut. Dari struktur organisasi ini pula kita akan mengetahui posisi-posisi mana saja yang sudah waktunya untuk didelegasikan.


Komentar